Moody - Over Sensitive




Hello Again

Untuk kali ini saya ada sedikit cerita, yang saya pikir pasti banyak juga yang pernah ngalamin dan pernah merasakan.

Ada waktu-waktu tertentu dimana saya pingin sendirian. Sendirian di sini dalam artian lagi ga mau ditanya, lagi ga mau menjawab pertanyaan yg serius, lagi ga mau diingatkan hal-hal yang serius. Mungkin ada yang pernah ngerasain juga, dimana ketika ada orang yang menanyakan sesuatu yang sebenarnya biasa aja, tapi entah kenapa kamu merasa terganggu dan ga suka di tanya hal tersebut.
Mungkin hal ini biasa terjadi kalau untuk perempuan yang lagi PMS, atau ketika banyak fikiran yang menjadikan kita over sensitive. Normal kok, manusia, hanya saja jangan sampai hal tersebut malah membuat kamu jadi meledak-ledak. Misalkan kamu ditanya hal yang biasa banget seperti "Gimana Kuliah?" atau "Kemaren gimana jalan-jalannya?" dan karena kamu sedang Over-Sensitive lalu kamu menjawab dengan nada yang tinggi atau malah marah-marah. Itu yang kamu perlu hati-hati. Meskipun kamu sedang dalam masa "Over-Sensitive",  kamu tetap harus bisa mengontrol emosi kamu. Kenapa? Karena kadang hal-hal yang terjadi saat emosi itu bisa jadi awal mula kekacauan, misalnya kamu jadi berantem besar sama teman kamu, atau lebih parah lagi kamu malah dijauhin sama teman-teman kamu. Ga mau dong itu terjadi?

Terus gimana caranya supaya itu ga terjadi? Kalau berdasarkan pengalaman saya, kebetulan saya itu orang yang moody parah. Mood bisa naik turun dalam itungan menit. Nah kalau lagi Over-Sensitive gitu, biasanya saya lebih banyak diam. Ga terlalu banyak omong. Kalau ada yang ajak ngobrol, tetap saya ladenin ngobrol, tapi saya ga akan terlalu banyak nanya atau bicara. Cukup jadi pendengar yang baik saja. Nah, kalau misalkan udah terlanjur kebawa kesel, lebih baik kamu menjauh dulu sebentar. Izin ke kamar mandi atau bilang mau cari barang dulu atau alasan apapun yang bisa bikin kamu menjauh dulu sebentar sendirian. Saat kamu menjauh ini lah kamu harus mencoba menenangkan diri, bisa dengan cuci muka, atau beli cemilan kesukaan kamu, atau dengerin lagu yang bikin kamu senang, atau apapun itu kegiatan yang bisa bikin kamu tenang dan tertawa.

Setelah kamu sudah mulai tenang, baru deh kembali lagi. Cara ini kalau untuk saya cukup manjur sih. Kadang memang agak sulit juga kalau udah kebawa kesal, tapi tahaan setahan tahan nya. Beberapa kali pernah kelepasan, saya juga pernah ngalamin itu. Tapi makin sering terjadi makin bisa buat nahan diri. Biasanya kelepasannya sampe 5x, sekarang mungkin hanya 1x atau hampir ga pernah.
Hal yang paling penting itu adalah belajar SABAR. Bener deh, ilmu Sabar itu bener-bener ilmu yang paling susah, tapi paling berguna dalam kehidupan kamu. Selalu berfikir dari berbagai sudut pandang, jangan dari satu sudut pandang saja, karena nantinya hanya akan menjadi kesalahpahaman yang malah lebih runyam.

Belajar SABAR, tahan emosi, dan melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang.
Itu Point - Point yang paling penting.

No comments:

Post a Comment