Sebuah Nasihat Pernikahan

Pasti banyak di antara kalian yang mau menikah lalu menerima beberapa nasihat / petuah pernikahan, entah dari teman, saudara atau orang tua.
Saya sendiri banyak menerima nasihat-nasihat tersebut, tapi lucunya hampir semua nasihat tersebut berbunyi "Nikah itu susah loh" "Nikah itu ga gampang loh" "Nikah itu ga seindah yang dibayangkan loh" dan hal-hal semacam itu.
Di situ saya agak berfikir, kok mereka kaya nakut-nakutin gitu ya? Kenapa yang di omongin harus yang negatif nya ya?
Sampe akhirnya, saya menerima nasihat yang bisa di bilang yang paling baik menurut saya. Dan nasihat ini benar-benar satu-satunya di antara nasihat-nasihat yang menakut-nakuti lainnya.
Karena menurut saya ini nasihat yang sangat baik, maka saya mau berbagi sama kalian, terutama untuk yang mau menikah.

Dia bilang "Menikah itu seru, menyenangkan, dan banyak hal-hal baru yang bakal kamu alamin. Kamu juga bakal banyak banget belajar dari menikah, kamu bakal belajar sabar, belajar memaafkan, belajar buat menerima kekurangan orang lain dan kekurangan diri sendiri, kamu juga bakal belajar buat ga egois dan yang pastinya kamu bakal belajar buat mengurus orang lain.
Anggep aja kamu baru masuk sekolah, pertama kamu harus adaptasi lingkungan baru, ritual baru, suasana baru dan orang-orang baru dan setelah itu kamu harus adaptasi sama pelajarannya.
Dan nilai yang kamu dapet itu dari Allah, karena menikah itu kan Ibadah. Gimana kamu bisa menyesuaikan semua hal-hal yang baru dan ngelakuin kewajiban kamu dengan baik itu yang di nilai.
Pastinya ada ujian-ujiannya, kalau di sekolah mungkin ulangan itu ujian kecil kamu, yang bakal ada setiap saat. Dan UTS/UAS itu ujian besar kamu, yang pasti ada tapi ga setiap saat.
Di saat ujian kamu dateng itu lah kamu di test mengenai pelajaran-pelajaran yang udah kamu terima. Kamu harus sabar, harus bisa menghilangkan ego kamu dan harus menerima kekurangan pasangan kamu dan kekurangan kamu. Dan yang terakhir, kamu harus bisa saling memaafkan. Kalau kamu bisa ngelakuin itu semua, kamu pasti bisa lulus dari ujian kamu dan lanjut ke tahap selanjutnya. Persis kaya sekolah.
Menyenangkan, ladang ilmu, ladang pengalaman, banyak hal-hal yang tidak terduga, banyak ujian dari yang kecil hingga yang besar dan yang pasti berguna untuk kehidupan selanjutnya. Jadi ga usah takut untuk menikah, apalagi stress karena semua prosesnya menyenangkan kok."

Itu kira-kira nasihat yang dia bilang. Mungkin ga 100% begitu tapi seingetnya saya aja karena dia cukup panjang juga ngomongnya. haha
Tapi dari nasihat itu saya jadi berfikir, kenapa ya kok orang-orang bilang susah, ga gampang, ga seindah yang dibayangkan, dll ketika kamu bisa mengatakannya dengan kata-kata yang positif. Karena seharusnya nasihat itu kan untuk membangkitkan, membuat lebih baik dan memperbaiki bukan untuk menakut-nakuti dengan kata-kata yang negatif.
Saya ga bilang mereka salah, apa yang mereka katakan itu benar, hanya saja penggunaan kata-katanya yang kurang pas untuk menjadi nasihat. Terlalu negatif mungkin.
Tapi apapun itu tentu saja saya berterimakasih pada siapapun yang sudah memberikan sedikit dan banyak nasihat tentang pernikahan karena itu tandanya mereka peduli sama saya. :)

Intinya, saya hanya ingin berbagi nasihat yang baik untuk teman-teman yang akan menikah. Dan selain itu juga, saya ingin mengajak teman-teman untuk lebih positif dalam bertutur kata dan bertingkah laku.
Spread Love and Positivity

No comments:

Post a Comment